Cara input Nilai Raport di Dapodik untuk SD, SMP dan SMA

Baca Juga

Input Nilai US/USBN dan Raport di Aplikasi dapodik merupakan fitur terbaru yang akan diterapkan di Aplikasi Dapodik Versi 2017b, Input nilai ini merupakan hal baru bagi Operator Sekolah, maka dari itu admin akan memberikan tutorial cara menginput nilai US/USBN dan raport di Aplikasi Dapodik Versi 2017b.
Cara Input Nilai Raport di Dapodik untuk SD, SMP dan SMA

Target input data nilai tahun tahun2017.

US/USBN
Data nilai US/USBN semester genap tahun ajaran 2016/2017 dari satuan pendidikan jenjang SD - SMP - SMA - SMK -SLB

RAPOR
Data nilai Rapor semua tingkat kelas di 6 semester terakhir dari satuan pendidikan jenjang SD - SMP - SMA - SMK - SLB, yaitu:

  • tahun ajaran 2016/2017 semester genap
  • tahun ajaran 2016/2017 semester ganjil
  • tahun ajaran 2015/2016 semester genap
  • tahun ajaran 2015/2016 semester ganjil
  • tahun ajaran 2014/2015 semester genap
  • tahun ajaran 2014/2015 semester ganjil
Peran Pengguna
Operator Sekolah
  • Login menggunakan akun operator sekolah
  • Menjamin persiapan data telah lengkap
  • Pengaturan akun guru mata pelajaran
  • Menentukan mata pelajaran evaluasi
  • Menentukan nomor urut mata pelajaran evaluasi
Guru Mata Pelajaran
  • Login menggunakan akun PTK
  • Input data nilai Rapor
  • Input data nilai US/USBN
  • Bertanggung jawab terhadap kebenaran dan kelengkapan data nilai
  • Mengunci data nilai
Untuk mengisi data nilai, terdapat beberapa data yang perlu dipastikan sudah tepat dan lengkap, yaitu:
  • Pemilihan Kurikulum di rombongan belajar
  • (KTSP/Kurikulum 2013)
  • Anggota Rombongan Belajar
  • Pembelajaran
Pengenalan menu input nilai
Gambar berikut ini merupakan menu input nilai raport

Keterangan gambar diatas.
1. Pilih Rombongan Belajar
2. Tambah data mata evaluasi
3. Perbaiki nomor urut mata evaluasi
4. Menyimpan data mata evaluasi
5. Hapus data mata evaluasi
6. Menyalin mata evaluasi dan nomor urut dari rombel yang datanya telah diisi untuk disalin pada rombel yang dipilih. Jenis mata evaluasi dan nomor urut akan tersalin pada rombel tersebut.

GURU MATA PELAJARAN

Menu unduh rekapitulasi berfungsi untuk mengunduh data rekapitulasi nilai peserta didik pada dalam satu rombel pada mata evaluasi tertentu. Rekapitulasi nilai dikemas dalam format excel

Keterangan :
1.Pilih menu Rapor atau US/USBN
2.Pilih rombel yang akan diisi nilainya
3.Double click di mata evaluasi untuk memunculkan data peserta didik yang akan diberi nilai.
4.Pilih peserta didik yanga kan diisi nilainya, lalu isi nilai peserta didik dengan menekan menu ubah atau double click pada kolom nilai
5.Pilih simpan untuk menyimpan data nilai yang telah diinputkan.

Untuk mengambil data nilai dari Server Dapodik dapat menggunakan Aplikasi Generate Prefill Nilai. Prefill nilai hanya memuat data nilai saja. Untuk melakukan generate prefill nilai, link generate prefill nilai dapat diakses di menu unduhan laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id . Ekstensi file hasil unduhan prefill nilai adalah .rpr

Untuk lengkapnya silahkan download Panduan lengkap input nilai raport DISINI

Lampiran Unduhan .
[DOWNLOAD] Panduan Input Nilai Raport.pdf
[DOWNLOAD] Prefil Input Nilai Raport.

Mengisi nilai Raport dan nilai US/USBN ke dalam aplikasi dapodik 2017b merupakan tugas bersama antara operator sekolah dengan guru mata pelajaran. Operator sekolah mertugas akun guru matapelajaran, memilih mata pelajaran evaluasi dan nomor urutnya, sementara guru mata pelajaran memiliki tugas untuk mengisi nilai kedalam aplikasi dapodik, baik itu nilai rapot, US maupun USBN, guru juga bertanggungjawab secara penuh terhadap kelengkapan dan kebenaran nilai lalu kemudian melakukan penguncian data nilai yang telah di entri.

Secara tupoksi memang guru memiliki tugas yang lebih banyak dalam penginputan nilai ini, namun tanpa di bantu oleh operator sekolah tetntu saja banyak guru yang akan mengalami kesulita dalam melaksanakan tupoksinya ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika tidak di dampingi oleh operator sekolah bisa jadi nanti justru salah entri, jika itu yang terjadi akhirnya operator sekolah harus memperbaikinya karena jika salah entri bukan tidak mungkin justru nanti akan sulit di singkronkan.

Biarpun dalam penginputan nilai ini melibatkan guru dan operator sekolah, namun peran kepala sekolah juga tidak kalah penting. Hal ini tidak lain untuk memastikan semua melaksanakan tupoksinya secara maksimal, jika operator sekolah yang mengentri tentu KS dapat membuat kebijakan yang menguntungkan kedua belah pihak. Jangan sampai pada kenyataan semua dilaksanakan oleh operator sekolah tanpa diperhatikan jam kerjanya.

Untuk dapat menginput nilai pada aplikasi dapodik versi 2017b ini, maka siapkan panduannya yang dapat diunduh langsung ke web dapodikdasmen, jika mengalami kesulitan ikuti tutorial berikut ini;

Cara Install Aplikasi Dapodik Versi 2017b

Tepat sehari dirilis namun banyak sekali operator sekolah yang mengeluh dengan gagalnya proses instalasi dapodik 2017b, akibatnya menu entri nilai tidak muncul. Untuk menginstalnya sebenarnya cukup mudah yaitu manual menggunakan patch versi 2017b, tempatkan prefill rapot pada folder prefill_dapodik  letaknya di C:\prefill_dapodik kemudian konfirmasi data prefill nilai melalui fitur konfirmasi prefill nilai di menu pengaturan dengan memasukkan kode registrasi sekolah beserta user name dan password dapodik. Selesai?? Ternyata banyak yang gagal.

Kemungkinan yang sering terjadi adalah aplikasi dapodik pada laptor atau PC sesungguhnya sudah tidak berjalan dengan baik 100%, baik itu karena malware, virus ataupun permasalahan teknis lainnya. Karenanya sebelum menginstal nilai rapor kedalam dapodik pastikan dapodik tidak eror terlebih dahulu.

Untuk memastikan dapodik dalam keadaan prima maka sebaiknya lakukan intal ulang dapodik sengan fresh instaler dapodik 2017 lalu perbaharui ke versi 2017a dan update lagi ke versi 2017b. Setelah dapodik sudah pada versi terbaru, tempatkan prefill dapodik terbaru dan prefill nilai raport di folder prefiil dapodik di drive C. Lakukan registrasi dapodik seperti biasa lalu login ke aplikasi dapodik maka menu entri nilai telah muncul pada tempatnya.

Cara Membuat Akun Guru

Akun Guru menjadi sangat penting jika operator sekolah ingin melibatkan semua guru mata pelajaran untuk menginput secara mandiri. Karenanya setiap guru dapat kita buatkan akun untuk login ke dapodik sebagai guru. Caranya cukup mudah, ikuti langkahnya berikut ini.
Pilih nama salah satu guru pada menu gtk
Pilih menu penugasan, maka akan tampil sub menu penugasan ptk
Pilih menu buat / ubah akun ptk pada daftar menu di bagian bawah dan akan tampil sub menu baru dengan judul akun ptk dengan kuncian pada user name ptk, email yang menjadi username ptk adalah email yang di entri pada data rinci ptk dan pastikan email ini masih aktif.
Isikan pasword, pasword ini sebaiknya di buat sendiri oleh ptk agar mudah diingat oleh mereka
Terakgir tekan tombol simpan, akun ptk telah dibuat dan siap digunakan. Lakukan perilaku yang sama terhadap guru-guru yang lainnya.

Cara Membuat Mata Pelajaran pada Raport Siswa

Sebelum meminta guru menginput nilai, tentu operator sekolah harus menyiapkan terlebih dahulu mape evaluasi nya. Untuk itu, lakukan hal berikut ini.
Pilih fitur raport pada menu nilai, maka akan muncul tabel mata evaluasi raport.
Pilih tahun pelajaran dan semester yang akan di inputkan (Prioritas input nilai adalah semester ganjil tahun ajaran 2016/2017)
Pilih kelas dan rombel yang akan di buat lalu tekan tombol Tambah maka akan muncul menu tambah mata evaluasi.
Pilih mata pelajaran evaluasi, selanjutnya isikan nomor urutnya pada bagian bawah. Untuk nomor urut sesuaikan saja dengan nomor urut sesuai struktur kurikulum atau sesuai rapot siswa.
Tekan tombol simpan dan tutup, selanjutnya nama mata pelajaran akan tersimpan dan tampil pada fitur raport.
Langkan selanjutnya pilih fitur US/USBN
Pilih kelas dan rombel yang akan dibuat mata pelajarannya seperti cara membuat mata pelajaran pada fitur raport di atas, hanya saja pada menu ini tidak ada pilihan semester.

Lakukan hal yang sama untuk mata pelajaran-mata pelajaran yang lainnya. Untuk mengaktifkan menu input nilai cukup tekan 2 kali pada salah satu mata pelajaran yang telah dibuat tadi. Ingat, operator sekolah tidak berwenang merubah daftar nilai, cukup melihat dan mengunduk rekapitulasi nilai.

Sampai tahap ini tugas operator sekolah telah selesai, kemudian akan bekerja lagi ketika data telah dientri yaitu melakukan singkronisasi dapodik. Disarankan untuk melakukan singkronisasi secara bertahap tanpa menunggu nilai selesai diinput seluruhnya, hal ini dilakukan guna mengatisipasi kesulitan singkronisasi.

Memasukkan Nilai Raport dan US / USBN

Seperti penjelasan di atas, bahwasannya input nilai ini tupoksinya guru mata pelajaran. Maka persilakan guru mata pelajaran untuk login ke dapodik menggunakan akun ptk masing-masing yang telah dibuat oleh operator sekolah. Setelah berhasil masuk ke dasboard ptk, maka input nilai siap dilakukan.
Pilih menu nilai pada sebelah kiri menu beranda ptk, selanjutnya klik fitur raport
Pilih semester yang akan di isi beserta kelas dan rombelnya maka akan tampil daftar mata pelajarannya
Pilih salah satu mata pelajaran dengan mengklik 2 kali sehingga data siswa akan aktif pada kolom sebelah kanan, pada kolom inilah guru melakukan input nilai. Input nilai pada kolam yang telah disediakan lalutekan tombol simpan.

Lakukan hal yang pada fitur input nilai US/USBN. Perbedaan mendasar pada menu US/USBN adalah tanpa memilih semester, jadi langsung memilih kelas dan rombelnya lalu akan mucul daftar mata pelajaran yang akan diisi nilainya.

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email:

0 Response to "Cara input Nilai Raport di Dapodik untuk SD, SMP dan SMA"

Poskan Komentar