Tips Menjadi Operator Sekolah yang Profesional

Baca Juga

Operator sekolah dalam struktur organisasi di sekolah, secara hierarki dalam struktur organisasi pendidikan di sekolah, posisi OPS berada di bawah kendali Kepala Sekolah, serta dapat dikategorikan/dimasukkan dalam ranah tenaga kependidikan yakni sebagai bagian yang terintegrasi dengan Tenaga Administrasi atau TU (Tata Usaha) sekolah.

Namun dalam perkembangannya, karena semakin banyak dan kompleksnya tugas-tugas administrasi (tata usaha) yang diemban oleh tenaga administrasi sekolah, sehingga diperlukan adanya penambahan tenaga baru, mengingat juga setiap program manajemen pendidikan pasti disertai batas akhir penyelesaian tugas (deadline) dalam setiap sesinya.

Selain itu, sebagian dari pekerjaan-pekerjaan administrasi sekolah pada saat sekarang ini harus dituntaskan dengan menggunakan akses internet (online), maka tak pelak lagi bagi guru-guru yang kebetulan mempunyai kemampuan ataupun pengalaman mengenai seluk-beluk internet dapat dipastikan akan dilibatkan oleh Kepala Sekolah untuk membantu sementara tugas-tugas administrasi sekolah secara online ini, tentu akan terdapat kebijakan-kebijakan khusus yang sifatnya internal dari setiap sekolah yang masing-masing berbeda juga tentunya terhadap guru yang sekaligus merangkap tugas sebagai tenaga administrasi sekolah.

Menjadi Operator sekolah bisa dibilang gampang dan bisa dibilang susah, so..mempunyai jabatan sebagai Operator Sekolah itu sebenarnya sangatlah gampang jika kita mengikuti Tips saya berikut ini : 
1. Multilevel Marketing
Jangan segan-segan menularkan kemampuan operator sekolah, khususnya untuk IT. Mungkin tidak bisa memaksa semua guru untuk menyerap ilmu yang akan kita tularkan. Tetapi, diantara mereka pasti ada yang relatif masih muda. Yang paling memungkinkan menerima ilmu operator sekolah. Ini yang kita tularkan lebih dahulu. Selanjutnya mereka yang akan menularkan ke guru lainnya. Seperti bisnis multilevel marketing. Minimal membimbing guru lainnya saat menggunakan IT.

3. Antusias
Antusias berarti pula aktif, bergairah, bersemangat, dan energik. Antusias adalah satu kata yang istimewa yang berperan besar dalam penyelesaian tugas-tugas penting administrasi, tak terkecuali dalam sistem manajemen administrasi sekolah. OPS yang profesional itu juga selalu bersemangat dan energik kapanpun dan dimanapun ia berada, tak terkecuali pada saat kerja lembur.

4. Sabar dalam cobaan
Dalam menjalankan seluruh rangkaian proses pelaksanaan tugas dalam proses pendataan pendidikan saat ini, OPS dituntut memiliki kesabaran yang tinggi dan pantang menyerah, siap kerja lembur, kurang istirahat, bahkan waktu bercengkerama dengan keluarga berkurang. Ini semua demi mewujudkan pendataan pendidikan yang berkualitas, maka prosesnya juga harus berkualitas bukan?
Jadi, OPS yang profesional itu pasti sabar dan pantang menyerah, sabar dalam mengolah aplikasi dan seluruh data dan pantang menyerah apabila dalam beberapa prosesnya terkadang menemui kegagalan-kegagalan. Pada prinsipnya, bagi OPS yang profesional, kegagalan baru sama dengan pengalaman baru. 

5. Teliti
Untuk menghasilkan kualitas data yang akurat, tentu ketelitian menjadi kunci utamanya. Dalam dunia kepenulisan saja, selain penulis ada pula tim khusus yang disebut tim editor yang bertugas khusus untuk memeriksa tulisan tersebut, proses ini memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mengecek kembali seluruh isi tulisan itu dengan berbagai standarisasi yang ketat, lalu memperbaiki kembali tulisan tersebut hingga layak untuk dipublikasikan melalui media massa, baik dalam media elektronik maupun media cetak.
Apalagi peran OPS yang memiliki peran ganda, selain sebagai operator yang menginput data, OPS pulalah yang berperan dalam tahap finalisasi hingga siap dikirim/disinkronisasikan dengan server Dapodik Pusat. Salah ataupun benarnya dari seluruh isian data sangat ditentukan oleh input yang telah dilakukan oleh OPS.

6. Pintar-pintar memilih
Operator sekolah juga harus jeli dalam menentukan prioritas kerja. Jangan mengerjakan hal-hal yang tidak terlalu penting. 
Pintar-pintarlah memilih kerjaan diluar tugas sebagai Operator Sekolah, seperti: menjadi pelatih Pramuka, membimbing pelatihan komputer untuk guru dan masih banyak yang lainnya.

Tips-tips di atas tentu belum teruji secara nyata. Hanya pengalaman saya menjadi operator di sekolah. Tetapi jika itu berhasil kita lakukan, saya merasa operatorlah orang yang paling santai di sekolah.

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email:

0 Response to "Tips Menjadi Operator Sekolah yang Profesional"

Posting Komentar